Porto

Dukung Pernyataan Jokowi, Mahyudin Minta DPR Dahulukan Kualitas UU

Pernyataan Presiden Jokowi yang meminta DPR jangan banyak menghasilkan undang-undang (UU) mendapatkan berbagai tanggapan. Salah satunya dari wakil ketua MPR RI Mahyudin. Mahyudin menilai pernyataan Jokowi itu sebagai pesan terhadap DPR untuk lebih mendahulukan kualitas UU. Artinya, DPR jangan semata-mata mengejar kuantitas UU yang disahkan.


''Saya kira maksud Presiden itu agar DPR jangan terlalu tertekan oleh target banyaknya jumlah, tapi lebih kepada kualitas UU itu sendiri,'' kata Mahyudin, di Tabalong, Kalimantan Selatan, Kamis (31/3). Menurutnya, hal tersebut wajar dikatakan Jokowi, karena banyak sekali UU yang dibuat DPR yang akhirnya digugat dan kalah di MK. Ini menunjukkan kualitas UU yang dibuat perlu dipertanyakan.


''Yang dimaksuf Presiden itu, walau tidak terlalu banyak tercapai targetnya, tapi kualitas UU nya bagus,'' ucap politisi muda Golkar ini. Meski demikian, Mahyudin tidak serta-merta menyalahkan DPR. Karena memang salah satu tugas DPR adalah legislasi atau membuat UU. Di sisi lain, pemerintah juga harus berkaca, bahwa sebagian besar usulan UU berasal dari eksekutif. ''UU inisiatif DPR kan tidak banyak, yang lebih banyak kan UU inisiatif pemerintah,'' ucapnya.

Bagikan Post


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar