Porto

Hari Film Nasional, Mahyudin Apresiasi Perjuangan Usmar Ismail

Wakil Ketua MPR, Mahyudin mengucapkan Hari Film Nasional kepada para sineas dan pecinta film di seluruh Indonesia. “Selamat Hari Film Nasional ke-66, 30 Maret 2016. Semoga sineas Indonesia semakin semangat berkarya menghasilkan film-film lokal berkelas yang mampu bersaing di dunia internasional” Harapnya. Mahyudin juga berharap para sineas bisa bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif yang dibentuk pemerintah. “Tokoh-tokoh perfilman Indonesia bisa bersinergi dengan Badan Ekonomi Kreatif yang dipimpin Triawan Munaf. Ada anggaran yang cukup dan program yang terkait film atau komunikasi visual didalamnya.” Lanjut mantan Bupati Kutai Timur ini.


Seperti di ketahui, 30 Maret  1950 adalah hari pertama pengambilan gambar Darah dan Doa, film pertama bercirikan Indonesia dan diproduksi orang Indonesia asli, yaitu Usmar Ismail. Mahyudin mengakui perjuangan luar biasa Usmar Ismail dalam merintis dunia perfilman Indonesia. “Kita harus mengakui perjuangan bapak perfilman Usmar Ismail ini luar biasa, bahkan pemerintah pernah menganugerahi Bintang Budaya Parama Dharma” kata calon ketua umum Partai Golkar ini. Bahkan Mahyudin melanjutkan bahwa Usmar Ismail layak diajukan oleh para insan perfilman untuk mendapat gelar pahlawan nasional.


Ketika ditanya perihal film favoritnya, Mahyudin menyebut 2 judul film nasional;Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck dan Ainun-Habibie. Alasannya, karena Hamka dan Habibie adalah idolanya sejak muda. “Saya menyukai film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karena merupakan adaptasi dari novel karya Hamka, sedangkan Ainun-Habibie adalah film biografi tokoh nasional yang juga panutan bagi para kader Golkar; BJ Habibie” ujarnya. Menurutnya, penggarapan visual kedua film itu sangat serius dan menyelipkan unsur budaya yang kental. “Penggambaran kultur minang-bugis di film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck dan kultur bugis-jawa di film Ainun-Habibie menumbuhkan kecintaan terhadap bangsa dan negara” pungkasnya. 

Bagikan Post


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar