Porto

Mahyudin Dukung Rencana Jokowi Bergabung Dalam Trans Pacific Partnership (TPP)

Calon Ketua Umum (caketum) Partai Golkar, Mahyudin mendukung rencana Presiden Jokowi yang akan membawa Indonesia bergabung dalam Trans Pacific Partnership (TPP). "Saya kira rencana Pak Jokowi bergabung dengan TPP sudah dipikirkan masak-masak" kata Mahyudin di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Minggu (15/5/2016). Wakil Ketua MPR itu memahami konsekuensi dari bergabungnya Indonesia ke dalam perjanjian perdagangan TPP mewajibkan legislatif merombak banyak undang-undang (UU). "Jika itu untuk pertumbuhan ekonomi kita, tak masalah merombak UU terkait. Saya rasa hanya Alquran saja yang tak boleh diubah-ubah" ungkapnya.


Lebih jauh mantan Bupati Kutai Timur ini meyakini, Indonesia mampu bersaing sehat di TPP terutama dengan empat negara ASEAN yang telah lebih dulu bergabung. "Saya yakin Indonesia mampu bersaing dengan Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam dan Malaysia yang telah lebih dulu menyepakati perjanjian ini. Tinggal bagaimana kita melakukan akselerasi di beberapa sektor" ungkapnya.


Menurutnya kekayaan intelektual menjadi sektor pertama harus diperhatikan serius. "Indonesia harus melindungi hak paten dari berbagai hasil inovasi anak bangsa maupun tradisi, seni budaya dan kearifan lokal. Tak ternilai harganya" kata Mahyudin. Sektor berikutnya adalah reformasi bidang perburuhan. "Indonesia harus mampu menyediakan tenaga kerja yang kompeten. Sehingga memiliki nilai tambah untuk diserap dunia usaha," tambahnya.


Terakhir, Indonesia jangan ragu untuk melakukan revitalisasi badan usaha milik negara (BUMN). "BUMN harus mandiri. Jangan terus minta dispensasi, kemudahan atau perlindungan. Tapi sebaliknya harus profesional dan mampu memberikan kontribusi terhadap negara" beber legislator dari dapil Kaltim itu. Bila demikian, maka kita akan siap menyambut tidak hanya masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) tapi juga TPP. "Jangan selalu antipati terhadap yang namanya hal baru dan perubahan. Kita ini semua pemain, maksudnya bila ada tantangan maka akan keluar kemampuan terbaik kita" katanya.

Bagikan Post


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar