Porto

Mahyudin Masuk Tiga Besar Kandidat Caketum Golkar Populer Di Mata Publik

Lembaga Survey & Polling Indonesia (SPIN) melakukan riset telepolling terhadap  beberapa nama kandidat calon ketua umum (caketum) Partai Golkar yang sedang aktif melakukan safari politik mengunjungi para pengurus DPD I dan DPD II Golkar se-Indonesia. Hasilnya, menurut Direktur Eksekutif Igor Dirgantara, ada 3 besar nama kandidat yang layak dikedepankan, yaitu: Airlangga Hartarto (18,1%), Ade Komarudin atau Akom (17.4%) dan Mahyudin (16,9%). Ketiga nama itu menyisihkan empat nama lainnya dengan tipis, yaitu: Idrus Marham (15,5%), Azis Syamsudin (14,7%), Priyo Budi Santoso (12,6%) dan Setya Novanto (4,8%).


Menurut Igor, riset ini fokus menanyakan responden terkait siapa figur kandidat caketum Partai Golkar yang dianggap paling punya integritas di mata publik dengan mempertimbangkan prestasi, dedikasi, loyalitas, dan tidak tercela (PDLT). "Riset dilakukan, dalam rangka menyambut pelaksanaan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar yang akan digelar di Nusa Dua Bali, 15-17 Mei mendatang," kata Igor kepada wartawan, Rabu (4/5).


Igor menjelaskan, berdasarkan telepolling ini, ketiga sosok tersebut; Airlangga, Akom dan Mahyudin dianggap kandidat yang santun dan punya rekam jejak tidak tercela. Ketiganya juga dianggap bersih dan tidak pernah punya masalah hukum. Dan, mereka semua juga termasuk kader-kader muda Golkar potensial yang sedang berada pada puncak keemasan usia. Ketiganya juga termasuk kandidat yang menolak adanya poltiik uang atau money politics.


Menurut Igor, riset dilakukan dengan telepolling  mengambil 500 responden secara acak dari buku telepon antara tanggal 25-30 April 2016 di 10 kota besar (Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Samarinda, Menado, Kendari, Kupang, dan Bali). "Dengan tingkat kesalahan plus minus 4,5%, riset ini tidak mewakili populasi keseluruhan, namun bisa menggambarkan potret keinginan publik klas menengah perkotaan yang memiliki telepon," katanya.

Bagikan Post


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar