Porto

Mahyudin Meminta Pemerintah Jokowi Lebih Serius Menangani Masalah TKA Ilegal

Politisi muda Golkar Mahyudin, meminta pemerintahan Jokowi untuk serius mengatasi dan mengawasi masalah tenaga kerja asing (TKA) ilegal, yang banyak menimbulkan polemik di tengah masyarakat. China menjadi negara dengan TKA ilegal paling banyak dilaporkan di Indonesia belakangan ini. “Pemerintah harus serius terutama imigrasi dan Kementerian Tenaga Kerja yang harus lebih serius mengawasi,” kata Mahyudin, di Gedung Nusantara III, Jakarta, Kamis [04/08].

Wakil Ketua MPR ini menilai masalah TKA itu sebenarnya tidak terlalu sulit, tinggal meningkatkan koordinasi antar pihak terkait, misalnya, apakah TKA yang bekerja di Indonesia memiliki izin atau tidak. Mahyudin mengatakan, seharusnya masalah seperti itu tidak terulang lagi dan pemerintah harus bisa tegas terhadap oknum-oknum yang terlibat. “Pemerintah harus menindak tegas oknum yang terlibat meloloskan TKA dan diberikan sanksi. Kami tidak ingin terulang lagi kasus TKA ilegal,” ujarnya.

Dia menegaskan, warga negara asing (WNA) tidak bisa bekerja di Indonesia hanya menggunakan visa wisata sehingga harus ada izin kerja. Menurut dia, para pekerja asing tersebut harus didata ulang untuk mengetahui mana yang ilegal dan legal. Jika didapati ilegal maka harus segera dideportasi. Sebelumnya, muncul berbagai pemberitaan terkait keberadaan TKA ilegal di Indonesia, misalnya, Polda Banten mengamankan sebanyak 70 orang tenaga kerja asing yang bekerja di perusahaan produksi semen, PT Conch, karena diduga telah bekerja secara ilegal.

Bagikan Post


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar