Porto

Mahyudin Mendesak Pemerintah Mendeportasi Puluhan TKA Ilegal Asal China

Politisi muda Golkar Mahyudin mendesak pemerintah mendeportasi puluhan tenaga kerja asing (TKA) ilegal asal Cina yang saat ini ditahan Polda Banten. Untuk itu, lanjut dia, pihak imigrasi dan Kementerian Tenaga Kerja harus serius terkait persoalan ini. Pasalnya, hal ini sudah seringkali terjadi. "Sebenarnya Masalah ini tidak terlalu sulit. Tinggal meningkatkan koordinasi antar pihak terkait. Dicek, apakah punya izin kerja di Indonesia. Kenapa masalah ini harus terjadi berulang-ulang?," tandas Wakil Ketua MPR ini di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (4/8/2016). 

Lebih lanjut Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar ini menegaskan, pemerintah harus tegas kepada oknum yang terlibat meloloskan para TKA ilegal asal Cina tersebut. "Kita tidak ingin terulang soal TKA ilegal. Kalau orang kerja harus ada izin kerja. Tanpa izin kerja ya tidak boleh. Visa wisata tidak boleh digunakan untuk bekerja. Pemerintah harus rajin merazia. Jika ditemukan pelanggaran harus dipulangkan," tandas Mahyudin. 

Saat ditanya apa hukuman yang pantas diberikan kepada TKA ilegal tersebut, Mahyudin mengaku tidak mengetahui. "Saya tidak tahu pasti apa hukumannya. Yang jelas mereka harus dideportasi, kalau ada pelanggaran terhadap penyalahgunaan visa. Itu terjadi terhadap warga negara Indonesia (WNI) di Saudi. Ada juga yang masuk dengan visa umroh wisata tapi ternyata bekerja. Sama saja dideportasi. Kemenaker harus rajin sweeeping," pungkas legislator asal Kalimantan Timur ini.

Bagikan Post


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar