Porto

Mahyudin Sambut Baik Edaran Kapolri Terkait Hate Speech

Wakil Ketua MPR Mahyudin menilai Surat Edaran (SE) Kapolri terkait penanganan ujaran kebencian atau hate speech sangat baik untuk Indonesia. Pasalnya Indonesia dikenal sebagai bangsa yang memiliki karakter ramah tamah. "Saya tahu satu dekade ini sejak kehadiran media sosial dan kuatnya pengaruh globalisasi ada pergeseran masyarakat kita suka menghujat. Padahal itu bukan karakter bangsa," ujar Mahyudin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/11/2015).


Kendati demikian, Mahyudin menilai SE tersebut perlu diberikan payung hukum yang lebih kuat. " Masalahnya sudah ada UU ITE (Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik). Saya kira suah cukup bagus, untuk menggugah kembali nasionalisme dan sifat asli Indonesia yang ramah tamah," ucapnya.


Mahyudin juga menilai, SE tersebut tidak bisa dikait-kaitan dengan peraturan di zaman orde baru (orba), pada masa kepemimpinan presiden Soeharto. "Kita lebih bagus melihat sisi positifnya, jangan terlalu sering melihat sisi negatifnya. Terlalu jauh itu dikembalikan ke masa orba," tandasnya.

Bagikan Post


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar